Demo buruh di Bogor ricuh

Quote:Sindonews.com - Aksi mogok daerah (modar) puluhan ribu buruh se-Bogor diwarnai kericuhan di depan kantor Bupati Bogor, Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, sekira pukul 11.30 WIB.

Kericuhan bermula saat para buruh tak sabar menunggu respon Bupati Bogor Rachmat Yasin yang tak kunjung menemuinya. Aksi baku hantam dan saling dorong antara buruh dengan kepolisian dan Satpol PP yang berjaga di depan kantor bupati tak terelakkan.

Tak hanya itu, lemparan kayu dan bendera juga sempat terlihat di atas kerumunan puluhan ribu buruh. Beruntung aksi tersebut tidak terus berlanjut setelah perwakilan buruh menenangkan massanya.

"Kami minta tenang dan sabar, jangan terpancing oleh provokasi. Kami yakin aksi kita telah disusupi," tukas perwakilan buruh di atas mobil pengeras suara.

Sementara itu, Edi S, salah satu perwakilan serikat pekerja menegaskan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK). "Hapus outsourcing dan sistem kerja kontrak, kami juga menolak rekomendasi Bupati Bogor terkait UMK 2013 Rp1,6 juta. Tetapkan UMK Bogor sesuai 84 item survey pasar Rp3.255.000," terangya.

(san)


Sumber: http://metro.sindonews.com/read/2012...di-bogor-ricuh

Quote:Ribuan personel gabungan amankan demo buruh Bogor

Quote:Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor mengerahkan sekitar 3.600 personel gabungan dalam pengamanan aksi buruh yang akan berunjuk rasa di sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin ini.

"Personel gabungan dari Polres Bogor, Brimob Polda Jabar dan TNI sudah kita siapkan, sekitar 3.600 personel dikerahkan dalam mengawal aksi buruh hari ini," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bogor, Kompol Zukarnaen.

Kompol Zulkarnaen mengatakan, estimasi buruh yang akan berunjuk rasa berjumlah sekitar 100.000 orang. Para buruh melakukan aksi dengan mengawalinya berkumpul di sejumlah wilayah yang akan menjadi konsetrasi berkumpulkanya buruh yakni kawasan BORR Sentul, Cileungsi, Gunung Putri, Citeureup, Lido dan Kantor Bupati Bogor di Jalan Tegar Beriman, Cibinong.

Ratusan buruh akan menamakan diri Modar atau Mogok daerah, dan beberapa istilah lainnya, mogok total, tutup tol.

Rencananya aksi buruh akan melakukan penutupan tol, jika aspirasi mereka tentang kenaikan upah minimum kerja (UKM) tidak terpenuhi.

"Kita telah menyiagakan personel gabungan di sejumlah tempat. Buruh akan bergerak ke satu titik di Jalan Tegar Beriman. Kita juga telah melakukan pengamanan di enam gerbang tol, untuk mengantisipasi buruh melakukan aksi di dalam tol," katanya.

Aksi para buruh menuntut menghapuskan sistem kerja outsourching atau kontrak, menaikkan UMK 2013 menjadi Rp3,2 juta perbulan serta memperhatikan kesejahteraan buruh dengan jaminan kesehatan.

Kompol Zulkarnaen mengatakan, sejumlah buruh telah berkumpul di sejumlah titik dimulai pagi tadi. Satuan Polres Bogor dan TNI melakukan pengamanan di sejumlah tempat yang menjadi konsentrasi para buruh. Seperti pada aksi 3 Oktober lalu.

Pengamanan difokuskan pada pengamanan arus lalu lintas, mengawal aksi agar tidak terjadi anarkisme, mengantisipasi adanya provokator dan menghindari adanya buruh yang menduduki jalan tol.

Aparat kepolisian juga mengawal para buruh dalam melakukan konvoi dari titik kumpul ke Lapangan Tegar Beriman tempat semua buruh berkumpul.
(LR)


Sumber: http://www.antaranews.com/berita/341...mo-buruh-bogor


Mohon komentarnya:

Minggu lalu di Jakarta juga ada demo buruh, tapi tidak rusuh, sementara yang di Bogor ini rusuh.


Pertanyaan:
1. Apakah buruh di Bogor lebih "buas" daripada Jakarta?
2. Apakah pimpinan pemerintah di Bogor kurang berani menghadapi buruh dibandingkan Jakarta? BUGIL DI HOTEL